Soal & Balasan Pat/Ukk 2022 B. Indonesia Kelas 8 Smp/Mts
Soal PAS Semester 2 Kelas 8 SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia K13 Revisi Tahun 2022 Beserta Jawaban - Pada potensi kali ini akan membagikan Contoh Soal PAT/UKK Mapel Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/MTs Tahun Pelajaran 2021/2022.
Soal ini sungguh berfaedah dan sanggup dijadikan tumpuan perhiasan oleh Peserta Didik dalam mengerti bahan yang ada. Serta sanggup dijadikan pola oleh Guru Mata Pelajaran dalam menyusun soal Penilaian Akhir Tahun.
Soal & Kunci Jawaban PAS Semester 2 Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/MTs Tahun 2022
I. Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan menampilkan tanda silang (x) pada A, B, C, atau D!
Cermati kutipan teks ulasan berikut untuk menjawab soal nomor 1 – 3.
Cerpen berjudul “Lonceng” ini menceritakan sepasang suami istri yang sudah menginjak usia senja. Pernikahan yang sudah usang berlangsung terasa kurang lengkap sebab mereka tidak dikarunia anak. Kedua tokoh tersebut kerap berdebat tentang sesuatu hal yang sederhana, tetapi juga menampilkan romantisme sepasang suami istri. Pada selesai cerita, penulis membangun banyak sekali situasi menjadi satu, yakni situasi tegang di saat jam sarat ingatan milik mereka mulai rusak, situasi romantis di saat Sam (suami) berupaya memperbaiki jam tersebut demi merayakan pesta emas pernikahan, dan situasi duka di saat Ina (istri) tidak sanggup merayakan pesta emas janji nikah dikarenakan sudah meninggal. Cerpen tersebut menampilkan kesetiaan sepasang suami istri yang saling menyayangi hingga selesai hayat.
1. Kutipan teks ulasan tersebut tergolong struktur bagian...
A. orientasi
B. simpulan
C. penafsiran
D. Rangkuman
2. Hal yang disampaikan pada kepingan struktur tersebut berisi...
A. citra lazim karya yang diulas
B. rekomondasi tentang kelayakan karya
C. analisa keunggulan dan kehabisan karya
D. pembahasan unsur intrinsik dan ekstrinsik karya
3. Pernyataan berisi keterangan penting menurut kutipan teks ulasan tersebut adalah...
A. Tokoh sepasang suami istri pada cerpen tersebut sering terlibat perdebatan yang menghasilkan mereka tidak akur.
B. Kebersamaan pasangan suami istri dalam cerpen tersebut digambarkan penulis lewat rangkaian peristiwa pilu.
C. Tokoh Sam dan Ina ialah pasangan suami istri yang sudah usang menikah tetapi tidak dikaruniai anak.
D. Judul lonceng digunakan penulis selaku simbol keceriaan pasangan suami istri dalam cerpen.
4. Pernyataan berikut yang menampilkan keunggulan suatu karya adalah...
A. Penulis memakai banyak perumpamaan abnormal yang jarang digunakan dalam komunikasi sehari – hari sehingga pembaca sulit mengerti maknanya.
B. Ekspresi dan pembicaraan pemain selaras dan sesuai dengan emosi yang dibawakan sehingga penonton juga terhanyut dalam dongeng yang disajikan.
C. Penggunaan perumpamaan – perumpamaan antik dalam novel tersebut sudah tidak banyak digunakan sebab sebab sulit dipahami oleh pembaca.
D. Gaya berpakaian pemain kurang sesuai dengan latar waktu pada dongeng yang dibawakan, yakni tahun 70-an.
Bacalah kutipan teks berikut untuk menjawab soal nomor 5 - 8.
(1) Cerita dalam film 5 Elang sungguh gampang dipahami oleh penonton. Film ini ialah drama anak yang sesuai ditonton oleh keluarga, khususnya bagi anak – anak sebab ceritanya yang menarik. Film ini dibintangi oleh anggota grup vokal remaja, yakni Coboy Junior yang juga menjadi pesona tersendiri bagi penggemarnya. Para pemain tersebut berakting dengan baik dan natural sebab memang diadaptasi dengan usia mereka.
(2) Selain ada kelebihan, film tersebut juga tidak lepas dari kekurangan. Karena film ini bernuansa tentang dunia anak – anak dan pelajar, ada beberapa adegan yang mencontohkan sikap kurang disiplin dan kurang sopan, seumpama mengenai pemakaian atribut sekolah yang kurang rapi. Ada juga adegan di saat Anton sedang mengunyah makanan di depan abang pembina sambil berdiri. Hal ini pasti kurang patut dijadikan selaku contoh bagi anak – anak dan pelajar.
(3) Selain itu, kalau dilihat secara teknis, pengambilan gambar lewat kamera sering tidak stabil. Hal ini memicu gambar terlihat kurang tertata seumpama yang pada adegan Baron dan Rudi berlangsung bersama. Hal ini juga mensugesti penglihatan dan fokus penonton di saat menyaksikan film.
(4) Namun, dengan mengesampingkan dalam beberapa kehabisan tersebut, film 5 Elang tetap patut ditonton sebab banyak pesan moral yang dapat dipelajari oleh penonton, khususnya anak – anak dengan akting para pemain yang memukau, serta rangkaian adegan yang sarat kelucuan dan pelajaran, film ini cukup bagi dunia perfilman Indonesia sebab di saat ini penonton sudah jarang menyaksikan tontonan keluarga yang mendidik.
5. Jenis teks ulasan tersebut menurut karya yang diulas adalah...
A. teks ulasan film
B. teks ulasan novel
C. teks ulasan teater
D. teks ulasan buku nonfiksi
6. Bukti tekstual yang menampilkan sikap penulis ulasan yang sungguh mengapresiasi film 5 Elang adalah...
A. Banyak adegan dalam film tersebut yang kurang patut dijadikan selaku contoh bagi anak – anak dan pelajar.
B. Beberapa adegan kurang disiplin dan kurang sopan, seumpama pemakaian atribut sekolah yang kurang rapi.
C. Film ini dibintangi oleh anggota grup vokal remaja, yakni Coboy Junior yang sudah banyak berkiprah di dunia perfilman.
D. Film 5 Elang tetap patut untuk ditonton sebab banyak pesan moral yang dapat dipelajari oleh penonton, khususnya anak – anak.
7. Penafsiran dan simpulan penulis ulasan dalam teks tersebut diungkapkan pada paragraf nomor...
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
8. Pernyataan yang mendukung keunggulan akting pemain menurut teks tersebut adalah...
A. Selain berakal menyanyi, kepandaian berakting anggota Coboy Junior terlihat dalam film anak berjudul 5 Elang.
B. Peran tokoh yang dimainkan oleh anggota Coboy Junior ini sesuai dengan usia mereka yang masih anak – anak.
C. Kelima tokoh dalam film ini berperan selaku anggota pramuka yang sedang mengikuti perkemahan.
D. Tokoh yang diperankan oleh anggota Coboy Junior dal film ini yakni Rusdi, Anton, dan Aldi.
9. Bagian struktur teks ulasan yang menerangkan tentang keberadaannya selaku novel yang mendapat penghargaan, sekaligus mendapat perhatian yang cukup besar adalah...
A. identitas karya novel
B. analisis
C. sinopsis
D. orientasi
10. Novel menampilkan banyak pelajaran pada pembacanya antara lain bahwa kita mesti berakal bergaul dengan orang lain.
Pernyataan yang sesuai dengan kalimat tersebut adalah...
A. Identitas
B. Orientasi
C. Sinopsis
D. Evaluasi
11. (1) Sejak di saat itulah, pengertian Hasan tentang agama mulai berubah. Ia mulai mewaspadai eksistensi Tuhan.
(2) Hasan merasa bahwa semua itu terjadi sebab perbuatan Anwar. Ia meletakkan dendam terhadap Anwar dan bertujuan membunuhnya.
(3) Kemudian, ia mencari Anwar
(4) Lama – kelamaan Hasan cemburu sebab kekerabatan Kartini dengan Anwar kian dekat.
Kalimat yang memakai konjungsi penerang terdapat pada nomor...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
12. (1) Mencatat identitas buku atau karya yang mau diulas.
(2) Mencatat hal – hal menarik/penting dari isi buku.
(3) Menelaah keunggulan dan kehabisan isi buku
(4) Merumuskan kesimpulan tentang isi dan kesan – kesan buku.
(5) Membuat rekomendasi – rekomendasi untuk pembaca.
Urutan yang sempurna dalam menyusun teks ulasan adalah....(menyusun teks ulasan)
A. (1, 2, 3, 4, 5)
B. (2, 3, 4, 5, 1)
C. (3, 4, 5, 1, 2)
D. (4, 5, 1, 2, 3)
Bacalah teks persuasif berikut untuk menjawab soal nomor 13 – 14.
(1) Rokok ialah kawan dekat bersahabat yang menampilkan imbas negatif dan merugikan bagi pengisap atau pecandunya. (2) Akibat merokok, tubuh kita dirongrong sehingga tanpa kita sadari menjadi rentan terhadap penyakit dan terasa kian cepat menua. (3) Di samping itu, kondisi perekonomian juga menjadi tiddak seimbang, besar pasak dari pada tiang. (4) Jumlah pengeluaran bertambah untuk memberi rokok yang semestinya sanggup ditabung untuk hari esok. (5) Oleh sebab itu, minimalkan atau berhentilah merokok agar hidup menjadi lebih baik.
13. Jika dilihat dari struktur, kepingan tesis (gagasan umum) terdapat pada kalima nomor...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
14. Kalimat persuasif dalam paragraf tersebut ditunjukkan pada nomor...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (5)
15. Cermatilah kutipan teks persuasif rumpang berikut.
Sopan santun sudah menjadi kepingan dari hidup kita, bahkan (1) ... tuntunan dalam kehidupan bermasyarakat. Sopan santun diwujudkan dalam bentuk penampilan, tindakan, dan bertutur. Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita sungguh memperhatikan sopan santun, serta mengajarkan terhadap anak dan cucu mereka agar senantiasa (2) ... sopan santun terhadap sesama.
Kata berimbuhan yang sempurna untuk melengkapi teks tersebut adalah...
A. (1) menjadi dan (2) berlaku
B. (1) menjadi dan (2) lakukan
C. (1) jadikan dan (2) melakukan
D. (1) memunculkan dan (2) melakukan
16. Bacalah paragraf berikut.
Jadi, kerabat - kerabat sekalian, beribadahlah secara benar. Jauhilah perbuatan yang dihentikan Tuhan. Berusahalah untuk tidak melaksanakan perbuatan dosa terhadap Tuhan dan orang lain sebab kalau dilakukan, kita sendiri yang merugi dan akan mendapat jawaban dari Tuhan. ... Bukankah melaksanakan ibadah itu bahwasanya untuk menghambat seseorang melaksanakan perbuatan keji dan mungkar?
Kalimat persuasif yang sempurna untuk melengapi paragraf rumpang adalah...
A. Marilah kita merenungkan perbuatan baik yang sudah kita lakukan.
B. Marilah kita menjauhi perbuatan yang dihentikan dan tidak terpuji.
C. Marilah kita saling membantu, menyayangi, dan menghormati.
D. Marilah kita tekun beribadah agar masa depan cerah.
17. Pahamilah kalimat rumpang berikut.
Salah satu imbas perkembangan iptek ... pola konsumtif kehidupan manusia. Manusia cederung memanjakan dirinya dengan banyak sekali produk.
Kata yang sempurna untuk melengkapi kepingan yang rumpang di atas adalah...
A. merupakan
B. adalah
C. karena
D. akibat
Bacalah paragraf persuasif berikut untuk menjawab soal nomor 18 – 19.
(1) Sumber energi yang digunakan terus – menerus akan terancam habis. (2) Minyak bumi yang ditambang dan dieksploitasi dikhawatirkan akan habis sehingga generasi masa mendatang tidak sanggup mencicipinya dengan baik. (3) Sehubungan dengan kenyataan tersebut, kita hendaknya melaksanakan pengurangan energi. (4) Salah satu hal yang sanggup kita laksanakan untuk meminimalkan energi yakni memakai lampu LED yang hemat energi.
18. Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
19. Kalimat yang tidak padu atau tidak mendukung kalimat terutama pada teks tersebut yakni kalimat nomor...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Cermati kutipan teks persuasi di bawah ini untuk menjawab soal nomor 20 s.d 23
(1) Dewasa ini, teknologi internet semkin gampang diakses oleh siapa pun. (2) Internet menampilkan banyak faedah yang mempunyai pengaruh positif bagi kehidupan. (3) Contohnya, kita bias mendapat informasi, memudahkan komunikasi, bahkan banyak orang yang mempergunakan peluang bisnis lewat internet. (4) Namun sayangnya, masih banyak pihak yang menyalahgunakan teknologi ini. (5) Contohnya, kian maraknya penipuan, pembajakan bahkan yang baru-baru ini terkuak yakni adanya penculikan jawaban interaksi di media lazim dengan orang yang salah.
20. Kata ganti orang pada kutipan teks persuasi tersebut ditunjukan dengan penggunaan kata...
A. Saya
B. kita
C. Anda
D. Kalian
21. Kutipan teks persuasi di atas tergolong bagian...
A. Pengenalan isu
B. Rangkaian argumentasi
C. pernyataan ajakan
D. penegasan kembali
22. Fakta yang terdapat pada teks persuasi di atas ditunjukan oleh kalimat nomor...
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (5)
D. (4) dan (5)
23. Istilah teknologi yang digunakan pada kutipan teks persuasi di atas adalah...
A. Sosial
B. Inernet
C. Informasi
D. Komunikasi
Bacalah kutipan teks drama berikut untuk menjawab soal nomor 24 dan 26!
Senjapun menghampiri Desa Kenok, Masut sedang duduk di balai bambu dengan gurunya.
Masut : Guru, terimakasih banyak atas ilmu yang engkau berikan kepadaku, apalah artinya diriku andai tidak ada guru.
Guru : Masut, Masut! Kamu mesti tahu, barang siapa yang mempunyai ilmu, walaupun sedikit, mesti diberikan terhadap orang lain.
Istri Masut : (masuk menenteng teh hangat) akan lebih baik kalu ngobrol sambil minum the hangat.
Guru : Bisa saja istri kamu!
24. Latar wilayah yang ditunjukan dalam kutipan teks drama tersebut adalah...
A. Senja
B. Desa Kenok
C. Balai bambu
D. petang
25. Amanat yang terdapat dalam kutipan teks drama tersebut adalah...
A. Jadilah istri yang bagus yang senantiasa menuruti nasihat suami
B. Murid mesti berterima kasih pada guru yang sudah menampilkan arti hidup untuknya.
C. Pemilik rumah mesti membawakan the hangat untuk tamunya, walaupun tidak diminta.
D. Meskipun sedikit, ilmu yang dimiliki mesti membuatkan terhadap orang lain agar menjadi ilmu yang bermanfaat.
26. Kalimat dalam teks drama yang ditulis dalam kurung, tidak didialogkan, melainkan diaktingkan disebut...
A. Monolog
B. Pantomim
C. Kramagung
D. prolog
Bacalah teks drama berikut untuk menjawab soal nomor 27 – 29.
Perhatikan penggalan drama berikut!
Samin : Fred, jangan cepat-cepat bahaya!
Fredi : Alaa, malam begini sepi, tak apa! (Samin menyusul dan menariknya mundur).
Samin : Kita berhenti dulu!
Fredi : Ah! lebih singkat ke alamatnyakan lebih baik!
Samin : Ingat yang saya bawa surat penting!
Fredi : Justru itu!
Samin : Pokoknya berhenti, Fredi! Aku tidak mau anbil resiko tertangkap Belanda.
Fredi : Baik, Min! kau yang pegang komando.
27. Konflik yang terdapat dalam penggalan drama di atas adalah...
A. Terjadinya perselisihan antara Samin dan Fredi.
B. Keinginan perselisihan antara Samin dan Fredi.
C. Perebutan pemegang komando tugas.
D. Kekhawatiran akan keamanan surat penting.
28. Tokoh Samin pada penggalan drama di atas bersifat...
A. Tanggung jawab
B. Penyabar
C. Ambisius
D. semangat
29. Suasana yang tergambar dalam drama di atas adalah...
A. Sepi
B. tegang
D. terburu – buru
D. takut
30. Karya Sastra yang ditulis dalam bentuk pembicaraan dan dengan maksud dipentaskan. Kalimat tersebut merupakan...drama.
A. struktur
B. unsur
C. pengertian
D. ciri
31. Prolog, dialog, penutup merupakan... drama.
A. struktur
B. unsur
C. pengertian
D. ciri
32. Berikut yang bukan nama lain dari isyarat lakuan adalah...
A. wawancang
B. dialog
D. kramagung
D. gesture
33. Berikut yang tergolong isyarat lakuan dalam drama disebut...
A. Kenapa, bro? Kok pucat?
B. Hey, tunggu, teman-teman!
C. Jangan takut! Ayahku gres ngasih jajan!
D. (mereka berduapun ikut pergi)
34. Struktur teks drama yang berisi tentang konflik-konflik dan pengembanganya terdapat pada...
A. orientasi
B. komplikasi
C. resolusi
D. epilog
35. Berikut yang tidak tergolong perbedaan unsur drama tradisional dan terbaru adalah...
A. temanya
B. alurnya
C. latarnya
D. bahasanya
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 36-38.
Kentrung, seumpama halnya drama tradisi kebanyakan mempunyai kekhasan. Menurut Brandon (dalam Hutomo, 1993:16), tersebut meliputi, (1) dongeng panjang dan berisikan beberapa episode; (2) tidak sanggup digolongkan ke dalam tipe drama Barat; (3) condong untuk mendidik atau mengajar; (4) mempunyai alur yang tetap atau monoton; dan (5) tokoh dongeng condong stereotip. Kekhasan ketiga ialah hal yang ditonjolkan dalam pertunjukan kentrung. Cerita kentrung yang ialah cerminan kehidupan insan dan mengandung unsur kenyataan bisa menampilkan contoh teladan bagi pendengar dan penonton lewat kritik dan humor.
(Dikutip dari skripsi perjuanngan wanita dalam dongeng Kentrung kreasi karya Nur Rahmawati D.O.)
36. Pernyataan yang tidak cocok dengan keterangan pada kutipan teks nonfiksi tersebut adalah...
A. Cerita Kentrung menampilkan pendidikan dan pengajaran
B. Kentrung ialah salah satu bentuk drama tradisi
C. Tipe drama Barat berlainan dengan drama tradisi.
D. Drama tradisi mempunyai alur yang dinamis.
37. Gagasan lazim paragraf tersebut adalah...
A. ciri – ciri pertunjukkan tradisi
B. kekhasan kesenian kentrung
C. keteladanan dalam kesenian kentrung
D. cerminan kehidupan insan dalam dongeng kentrung
38. Tanggapan yang ssesuai dengan kutipan teks tersebut adalah...
A. usulan atau teori yang dikutip penulis tidak mempunyai sumber yang tidak jelas
B. alur dalam teks tersebut menghasilkan pembaca sanggup menikmati dongeng hingga akhir.
C. tunjangan penddapat atau teori dari orang lain (Brandon) memperkuat klarifikasi tentang kentrung selaku drama tradisi.
D. klarifikasi penulis sebaiknya disokong dengan hasil observasi yang menerangkan tentang persebaran drama tradisi.
39. “anak itu pembangkang sekali, hingga setanpun takut padanya”
Majas yang digunakan dalam kalimat di atas adalah...
A. litotes
B. hiperbola
C. Ironi
D. personifikasi
40. Penulisan judul yang sesuai dengan pedoman lazim ejaan bahasa Indonesia (PUEBI) adalah...
A. Membandingkan Puisi Indonesia dan Puisi Terjemahan Dalam Pembelajaran.
B. Membandingkan Puisi Indonesia dan Puisi Terjemahan dalam Pembelajaran.
C. Membandingkan puisi Indonesia dan puisi Terjemahan dalam pembelajaran.
D. Membandingkan puisi Indonesia dan puisi terjemahan dalam pembelajaran.
II. Jawablah Pertanyaan-Pertanyaan Berikut ini Dengan Benar!
Perhatikan teks persuasi berikut untuk menjawab soal nomor 41 - 42!
Covid 19
Corona virus Coronaviruses (CoV) yakni keluarga besar virus yang memicu penyakit mulai dari flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seumpama Sindrom Pernafasan Timur Tengah (MERS-CoV) dan Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARS-CoV). Penyakit Coronavirus (COVID-19) yakni jenis gres yang didapatkan pada tahun 2019 dan belum pernah diidentifikasi pada manusia. Virus corona yakni zoonosis, artinya ditularkan antara binatang dan manusia. Investigasi terperinci mendapatkan bahwa SARS-CoV ditularkan dari kucing luwak ke insan dan MERS-CoV dari unta dromedaris ke manusia. Beberapa coronavirus yang dimengerti beredar pada binatang yang belum menginfeksi manusia. Tanda-tanda lazim bisul tergolong tanda-tanda pernapasan, demam, batuk, sesak napas dan kesusahan bernafas. Pada permasalahan yang lebih parah, bisul sanggup memicu pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal, dan bahkan kematian. Rekomendasi tolok ukur untuk menghambat penyebaran bisul tergolong mencuci tangan secara teratur, menutupi lisan dan hidung di saat batuk dan bersin, mengolah makanan daging dan telur dengan saksama. Hindari kontak dekat dengan siapa saja yang menampilkan tanda-tanda penyakit pernapasan seumpama batuk dan bersin
41. Jelaskan secara sistematis struktur yang terdapat pada teks persuasi tersebut!
Jawab :
1. Pengenalan keterangan yakni berupa corona virus coronaviruses yang sanggup memicu penyakitmulai dari flu biasa hingga penyakit lebih parah seumpama sindrom pernapasan
2. Rangkaian argumen dalam teks tersebut yakni penyakit coronavirus (Covid-19) jenis penyakit gres yang didapatkan pada tahun 2019 dan belum pernah diidentifikasi pada manusia.
3. Pernyataan permohonan yakni berupa :
- Selalu mencuci tangan dengan teratur
- Menutupi lisan dan hidung dengan di saat batuk dan bersin
- Selalu memakai masker dimanapun berada
- Hindari kontak dan keramaian
- Jaga jarak minimal satu meter
42. Coba simpulkan teks persuasi tersebut dengan bahasamu sendiri!
Jawab : Covid-19 ini virus yang memicu penyakit mulai dari flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seumpama Sindrom Pernafasan. Penyakit ini jenis gres yang didapatkan pada tahun 2019 artinya bisa ditularkan pada binatang dan manusia. Tanda-tanda lazim Covid-19 ini diantaranya bisul pernapasan, demam, batuk, sesak napas dan kesusahan bernafas, yang lebih parah, bisul sanggup memicu pneumonia dan bahkan sanggup meyebabkan kematian. Rekomendasi tolok ukur untuk menghambat penyebaran bisul tergolong mencuci tangan secara teratur, menutupi lisan dan hidung di saat batuk dan bersin, mengolah makanan daging dan telur dengan saksama serta senantiasa mempertahankan kebersihan dimanapun berada.
43. Sebutkan secara sistematis struktur yang terdapat dalam teks ulasan!
Jawab : Struktur teks ulasan :
- Identitas karya
- Orientasi
- Sinopsis, yang berupa ringkasan yang menggambarkan pengertian penulis terhadap isi novel.
- Analisis
- Evaluasi
44. Apa yang dimaksud dengan kramagung, wawancang dan gestur yang terdapat dalam drama? Jelaskan!
Jawab : Kramagung yakni isyarat perilaku, langkah-langkah atau perbuatan yang mesti dijalankan oleh Tokoh/ Latar dalam drama. Wawancang yakni pembicaraan atau percakapan yang mesti diucapkan oleh tokoh cerita. Gestur yakni suatu gerakan anggota tubuh atau tubuh, Yang berikutnya perumpamaan gestur digunakan dalam kehidupan sehari-hari, gestur tergolong gerakan tangan, wajah atau kepingan lain dari tubuh.
45. Tulislah beberapa cara yang sanggup digunakan oleh penulis dalam menggambarkan rupa, watak, dan pribadi tokoh dongeng dalam suatu drama!
Jawab : Ada beberapa cara yang sanggup digunakan oleh penulis dalam menggambarkan rupa, watak, dan pribadi tokoh cerita, antara lain selaku berikut:
- Melukiskan bentuk lahir dari pelakon)
- Melukiskan jalan pikiran pelakon atau apa yang melintas dalam pikirannya)
- Melukis bagaimana reaksi pelakon itu terhadap kejadian-kejadian)
- Pengarang dengan eksklusif menganalisis tabiat pelakon).
- Pengarang melukiskan kondisi sekitar pelakon)
- Pengarang melukiskan bagaimana pandangan-pandangan pelakon lain dalam suatu dongeng terhadap pelakon utama)
- Pelakon-pelakon yang lain dalam suatu dongeng memperbincangkan kondisi pelakon utama).
Bagi yang membutuhkan file soal diatas, silahkan unduh pada tautan berikut :
- Unduh Naskah Soal PAT/UKK 2022 Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/MTs
- Unduh Kunci Jawaban PAT/UKK 2022 Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/MTs
- Unduh Kisi-Kisi PAT/UKK 2022 PPKn Bahasa Indonesia 8 SMP/MTs