Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal & Balasan Pat/Ukk 2022 Pai Kelas 8 Smp/Mts

Soal PAS Semester 2 Kelas 8 SMP/MTs Mapel Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI & BP) K13 Revisi Tahun 2022 Beserta Jawaban - Pada peluang kali ini  akan membagikan Contoh Soal PAT/UKK Mapel PAIBP Kelas 8 SMP/MTs Tahun Pelajaran 2021/2022.

Soal ini sungguh berfaedah dan sanggup dijadikan tumpuan pelengkap oleh Peserta Didik dalam mengetahui bahan yang ada. Serta sanggup dijadikan pola oleh Guru Mata Pelajaran dalam menyusun soal Penilaian Akhir Tahun.




Soal & Kunci Jawaban PAS Semester 2 PAIBP Kelas 8 SMP/MTs Tahun 2022



I. Pilihlah salah satu respon yang paling benar dengan menampilkan tanda silang (x) pada A, B, C, atau D!

1. Perhatikan cuilan QS. An-Nahl/16:114 berikut ini!

فَكُلُوا مِمَّا رَزَقَكُمُ اللَّهُ حَلَالًا طَيِّبًا

Lafadz yang bergaris bawah artinya merupakan maka...
A. makanlah
B. minumlah
C. bersyukurlah
D. katakanlah


2. Perhatikan cuilan QS. An-Nahl/16:114 berikut ini!

وَاشْكُرُوا نِعْمَتَ اللَّهِ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

Isi kandungan dari cuilan ayat tersebut merupakan ...
A. beribadah cuma terhadap Allah Swt satu-satunya
B. berserah diri terhadap Allah Swt sehabis berusaha
C. beribadah terhadap Allah Swt kalau ingin kekayaan
D. bersyukur atas semua lezat dan karunia Allah Swt


3 Dalam ilmu Tajwid ada pembahasan ihwal aturan bacaan lam jalaalah yakni tarqiq dan tafkhim. Berikut ini salah satu alasannya lam Jalalah dibaca tarqiq, yaitu...
A. Lafad Allah didahului harakat dhamma
B. Lafad Allah didahului harakat Dhammatain
C. Lafad Allah didahului harakat Kasrah
D. Lafad Allah didahului harakat Kasrahtain


4. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini!
1. Ra berharakat kasroh sebelunya sukun
2. Ra sukun didahului aksara berharakat fathah
3. Ra sukun didahului aksara berharokat kasrah
4. Ra sukun didahului aksara berharakat kasratain
Pernyataan yang mengambarkan Ra dibaca tafkhim terdapat pada nomor...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4


5. Pak Guru memberi pesan tersirat terhadap murid-muridnya mudah-mudahan menyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah Swt menyuruh Rasul-Nya untuk menyodorkan wahyu dan isyarat bagi umat insan ke jalan yang lurus sehingga sanggup meraih kebahagiaan di dunia dan darul abadi pesan tersirat pak Guru tersebut tergolong pemahaman dari...
A. Iman terhadap Malikat
B. Iman terhadap kitab
C. Iman terhadap rasul
D. Iman terhadap hari Kiamat


6. Perhatikan pernyataan dibawah ini:
1. Sebagai Pemberi hadiah
2. Sebagai pemberi peringatan
3. Sebagai Pembawa kabar gembira
4. Sebagai pembawa kabar burung
Tugas para rasul ditunjukan pada nomor...
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4


7. Perhatikan hal-hal berikut ini!
1. Jujur
2. Amanah
3. makan
4. minum
Yang tergolong sifat ‘Aradul Basyariyah dari hal-hal tersebut di atas, yaitu...
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4


8. Rasulallah Saw memiliki sifat-sifat terpuji selaku uswatun hasanah untuk kita selaku umatnya dan jauh sifat-sifat tercela yang tidak mungkin dia miliki.
Dibawah ini yang tergolong sifat wajib dan tidak mungkin bagi Rasul adalah...
A. Tablig dan Kitman
B. Sidiq dan Tabligh
C. Fatonah dan Amanah
D. Fatonah dan Sidik


9. Para Rasul sudah menyodorkan risalah dari Allah Swt dan mengalami gangguan dari umatnya yang menentang dakwah meraka tetapi mereka teguh, sabar dan tegar dalam menghadapi tantangan dakwah tersebut.
Rasul yang memiliki ketabahan hati dalam menghadapi ujian dari Allah Swt disebut...
A. Ulul Albab
B. Ulul Azmi
C. Karomah
D. Ma’unah


10. Allah Swt menampilkan mu’jizat terhadap rasulnya diantaranya yakni tongkat menjadi ular. Mu’jizat tersebut diberikan terhadap Nabi...
A. Musa a.s
B. Syu’aeb a.s
C. Dawud a.s
D. Sulaiman a.s


11. Seorang mu’min wajib beriman terhadap Para Rasul yang diutus terhadap umat insan menenteng risalah dari Allah Swt untuk kebahagian hidup di dunia dan akhirat.
Yang tergolong pesan tersirat beriman terhadap Rasul Allah adalah...
A. Meneladani sifat tidak mungkin bagi rasul
B. Meningkatkan keimanan terhadap para sahabat
C. Meningkatkan taraf kehidupan yang bermartabat
D. Meneladani sifat para rasul menyerupai jujur dan adil


12. Perhatikan pernyataan berikut ini !
1. Arman senantiasa menolong orang renta sehabis pulang sekolah
2. Andi sering menyisakan duit sakunya untuk pengemis
3. Ardi senantiasa menggunakan duit sakunya untuk bermain game online
4. Feri senantiasa menolong temanya dengan cita-cita ingin di puji
5. Ahmad sering mendampingi temanya yang kesusahan belajar
Dari pernyataan tersebut yang mengambarkan pemahaman amal sholeh adalah...
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 2 dan 5
C. 2, 3 dan 5
D. 2, 4 dan 5


13. Perhatikan QS. Al ‘Asr/103:3 berikut ini!

اِلَّا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ ەۙ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

Lafadz yang bergaris bawah pada ayat tersebut menerangkan tentang...
A. Beriman terhadap Allah Swt di kala susah
B. Saling menasihati untuk keadilan
C. Saling menasihati dalam kegigihan
D. Beramal sholeh atau amal kebajikan


14. Perhatikan hal-hal berikut ini !
1) Mengetahui ilmunya
2) Niat tulus lantaran Allah Swt
3) Dapat pujian
4) Membantu tetangga
5) Sesuai dengan isyarat Al’quran dan Hadits
Yang tergolong amal sholih yang sah sanggup ditunjukkan dengar nomor...
A. 1, 2, 3
B. 2, 3, 4
C. 1, 2, 5
D. 3, 4, 5


15. Allah Swt memerintahkan kita untuk senantiasa berzakat sholeh atau istilahnya berbuat baik terhadap semua makhluk Allah Swt, dimana amal kebaikan itu akan dicatat selaku ibadah. Hal ini tergolong jenis amal sholeh terhadap...
A. Allah Swt
B. Manusia
C. Lingkungan
D. Tempat tinggal


16. Pada dikala menjelang penyeleksian ketua osis, setiap kandidat mengkampanyekan pemikiran atau inspirasi masing –masing, para siswa menanggapinya dengan baik sangka, smoga para kandidat ketua osis sanggup mewujudkan pemikiran dan inspirasi mereka bila terpilih menjadi ketua Osis, perilaku para siswa tersebut merefleksikan sifat...
A. Husnudhan
B. Suu’udhan
C. Ghalabatu Dhan
D. Ba’du dhan


17. Perhatikan cuilan QS. Al Hujurat:12 berikut ini!

ۖيَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱجْتَنِبُوا۟ كَثِيرًا مِّنَ ٱلظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ ٱلظَّنِّ إِثْمٌ

Kandungan cuilan ayat di atas mengambarkan larangan bersikap...
A. buruk sangka
B. dusta
C. langgar domba
D. khianat


18. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini!
1. Hati senantiasa gelisah
2. Kekebalan badan menurun
3. Dijauhi teman
4. Daya ingat menurun
Bahaya perilaku suu’udhan ditutunjukan pada pernyataan...
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4


19. Perhatikan tabel berikut ini!


Pasangan yang sempurna pada tabel di atas adalah...
A. 1-a, 1-b, 2-c, 2-d
B. 1-b, 1-c, 2-a, 2-d
C. 1-c, 1-d, 2-a, 2-b
D. 1-a, 1-d, 2-b, 2-c


20. Perhatikan QS. Al Baqarah/2:183 berikut ini!

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Puasa yang dimaksudkan dalam QS. Al Baqarah/2:183 merupakan puasa yang diwajibkan kepada...
A. setiap manusia
B. setiap mukallaf
C. orang yang dewasa
D. setiap orang yang beriman


21. Perhatikan ilustrasi berikut ini
Pada gempa bumi di sebuah daerah, banyak orang renta yang kehilangan anggota keluarganya. Pa Badrun merupakan salah satu orang renta yang kehilangan anak semata wayangnya yang masih berumur 10 tahun, sudah sepanjang hari ia mencarinya di reruntuhan bangunan namun tidak menemukanya, akibatnya Pa Badrun berjanji apabila anknya didapatkan dalam kondisi hidup dia akan berpuasa selama 10 hari, Akhirnya anak Badrun didapatkan oleh tetangganya dalam kondisi masih hidup. Puasa yang diniatkan pa Badrun tersebut dinamakan puasa...
A. Nazar
B. Kifarat
C. Syawal
D. Arafah


22. Perhatikan pernyataan di bawah ini
1) Puasa Ramadhan
2) Puasa Syawal
3) Puasa Nazar
4) Puasa Dawud
5) Puasa Qada
6) Puasa Kifarat
Yang tergolong macam-macam puasa wajib adalah...
A. 1,2 dan 3
B. 1, 3 dan 5
C. 2, 4 dan 5
D. 2, 4 dan 6


23 مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ
Hadist tersebut menerangkan ihwal puasa sunnah yakni puasa...
A. Arafah
B. Dawud
C. Syawal
D. Senin-Kamis


24. Perhatikan cuilan QS. Al Maidah/5:3 berikut ini!

حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالدَّمُ وَلَحْمُ الْخِنْزِيْرِ وَمَآ اُهِلَّ لِغَيْرِ اللّٰهِ بِهٖ

Makanan yang dinyatakan haram pada cuilan ayat tersebut adalah...
A. bangkai, darah, daging babi dan hewan buas
B. hewan yang tercekik, hewan yang bertaring dan daging babi
C. bangkai, darah, daging babi dan hewan yang disembelih tidak menyebut nama Allah
D. bangkai, hewan buas, darah dan hewan yang disembelih tidak menyebut nama Allah


25. Perhatikan hadits berikut ini!

كُلُّ مُسْكِرٍ خَمْرٌ وَكُلُّ خَمْرٍ حَرَام

Hadist tersebut menerangkan tentang...
A. Haramnya makanan yang beracun
B. Haramnya minuman yang memabukan
C. Haramnya hasil perjudian
D. Haramnya hasil pencurian


26. Hukum islam memastikan bahwa memakan Khamar, baik sedikit ataupun banyak hukumnya haram dan tergolong dosa besar, adapun pengaruh buruk meminum khamr adalah...
A. Tubuh kian kuat
B. Daya ingat terganggu
C. Menghangatkan tubuh
D. Emosi menjadi stabil


27. Perhatikan hal-hal berikut ini
1. halal zatnya
2. halal cara memperolehnya
3. halal cara menyajikanya
4. halal cara memakannya
5. halal cara mengolahnya
Kategori kehalalan makanan dan minuman yang benar adalah...
A. 1, 2 dan 4
B. 1, 3 dan 5
C. 1, 2 dan 5
D. 1, 4 dan 5


28. Ketika Ahmad masuk kerumah makan, dia tidak mengenali ada santapan makanan haram,ketika makan yang haram tadi sudah tersaji perilaku yang sempurna untuk Ahmad adalah...
A. Ahmad memarahi pramu saji
B. Ahmad Meminta ganti makanan yang halal
C. Ahmad memakanya takut mubadzir
D. Ahmad pribadi meninggalkan rumah makan


29. Hamdan senantiasa memakan makanan dan minuman yang halal, ia tidak pernah meminum dan memakan yang haram sehingga keuntungannya terasa sekali bagi tubuh, faedah yang didapat Hamdan yaitu...
A. badan menjadi gemuk
B. tersadar kesehatan jasmani
C. perut menjadi lebih kenyang
D. doanya dikabulkan Allah Swt


30. Pemerintahan daulah Abbasiyah merupakan kelanjutan dari pemerintahan bani umayyah, kekuasaanya berjalan cukup usang mulai dari tahun 750 M hingga dengan tahun 1258 M. Adapun pendiri daulah abbasiyah ini adalah...
A. Harun Ar-Rasyid
B. Abdullah Al-Saffah
C. Al Ma’mun
D. Al-Mansyur


31. Puncak kejayaan pemerintahan Daulah Abbasiyah terjadi pada masa pemerintahan Harun Al-Rasyid yakni pada tahun...
A. 750 M - 754 M
B. 754 M - 775 M
C. 775 M - 785 M
D. 786 M - 809 M


32. Pada masa kekhalifaan Bani Abbas meningkat banyak sekali cabang ilmu wawasan dan penterjemahan buku-buku dari bahasa abnormal ke dalam bahasa Aran. Sebagai sentra ilmu wawasan diresmikan forum yang bernama...
A. Baitul Hikmah
B. Kuttab
C. Halaqah
D. Damaskus


33. Pada masa Daulah Abbasiyyah merupakan masa keemasan bagi umat islam, Ilmu wawasan meningkat dengan pesat, sehingga muncullah tokoh tokoh cendekiawan islam di banyak sekali bidang ilmu pengetahuan. Tokoh cendikiawan islam dibidang Kedokteran merupakan adalah...
A. Al Farabi
B. Jabir bin Hayyan
C. Al Khawarizmi
D. Ibnu Jarirat Abary


34. Perhatikan tokoh-tokoh cendikiawan muslim berikut ini!
1. Al Farabi
2. Raihan Bairuny
3. Ibnu Jarir at-abary
4. Al Khawarizmi
Yang tergolong ilmuwan bidang matematikan ditunjukan pada nomor...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4


35. Perhatikan Tabel berikut ini!


Pasangan yang sempurna pada tabel tersebut adalah...
A. 1-b, 2-c, 3-d dan 4-a
B. 1-c, 2-d, 3-a dan 4-b
C. 1-d, 2-a, 3-b dan 4-c
D. 1-a. 2-b, 3-c dan 4-d


II. Jawablah Pertanyaan-Pertanyaan Berikut ini Dengan Benar!

36. Perhatikan QS. An-Nahl/16:114 berikut ini!

فَكُلُوْا مِمَّا رَزَقَكُمُ اللّٰهُ حَلٰلًا طَيِّبًا وَّاشْكُرُوْا نِعْمَتَ اللّٰهِ اِنْ كُنْتُمْ اِيَّاهُ تَعْبُدُوْنَ

Jelaskan Maksud dari lafadz yang bergaris bawah pada ayat di atas!
Jawab : Halal Thoyiban
  • Halal dari segi syariat, yakni halal dzatnya, cara menerimanya dan cara mengolahnya.
  • Thoyyib tujuannya baik, bergizi dan berfaedah serta tidak membahayakan tubuh.


37. Sebutkan 5 (lima) rasul yang tergolong ulul azmi!
Jawab :
  • Nabi Nuh -‘alaihissalaam
  • Nabi Ibrahim -‘alaihissalaam
  • Nabi Musa -‘alaihissalaam
  • Nabi Isa -‘alaihissalaam
  • Mabi Muhammad –shalallahu ‘alaihi wassalaam


38. Jelaskan faedah Beramal shaleh!
Jawab :
  • Diberi ampunan dan pahala yang besar oleh Allah Swt.
  • Diberi pelengkap petunjuk.
  • Diberi kehidupan yang bagus dan layak.
  • Dihapuskan dosa-dosanya.
  • Dijauhkan dari kerugian di dunia dan akhirat.


39. Terjemahkan hadist di bawah ini!


Jawab : Rasulullah bersabda : “Ditampakan amal-amal umatku pada hari Senin dan Kamis dan saya senang amalku ditampakan, maka saya berpuasa”. (H.R. Ahmad dan at-Tirmidzi).


40. Jelaskan faedah mempelajari sejarah perkembangan ilmu pada masa daulah abbasiyah untuk kehidupan sehari hari!
Jawab :
  • Meningkatkan keimanan terhadap Allah Swt., dengan melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.
  • Menumbuhkan semangat menuntut ilmu baik ilmu agama maupun ilmu dunia.
  • Mengembangkan nilai-nilai kebudayaan yang cocok denganajaran Islam.
  • Membina rasa kesatuan dan persatuan umat Islam dan kerukunan beragama.


Bagi yang membutuhkan file soal diatas, silahkan unduh pada tautan berikut :


Demikian warta ihwal Soal & Jawaban PAT/UKK 2022 PAIBP Kelas 8 SMP/MTs yang sanggup bagikan, mudah-mudahan ada faedah didalamnya dan terima kasih.

Sumber https://www.sinau-thewe.com/