Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal & Balasan Pat/Ukk 2022 Ppkn Kelas 8 Smp/Mts

Soal PAS Semester 2 Kelas 8 SMP/MTs Mapel Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) K13 Revisi Tahun 2022 Beserta Jawaban - Pada peluang kali ini akan membagikan Contoh Soal PAT/UKK Mapel PPKn Kelas 8 SMP/MTs Tahun Pelajaran 2021/2022.

Soal ini sungguh berfaedah dan sanggup dijadikan rujukan pelengkap oleh Peserta Didik dalam mengerti materi yang ada. Serta sanggup dijadikan pola oleh Guru Mata Pelajaran dalam menyusun soal Penilaian Akhir Tahun.




Soal & Kunci Jawaban PAS Semester 2 PPKn Kelas 8 SMP/MTs Tahun 2022



I. Pilihlah salah satu respon yang paling benar dengan menampilkan tanda silang (x) pada A, B, C, atau D!


1. Sejak VOC berdiri, dimulailah banyak sekali bentuk kekerasan yang menimpa rakyat Indonesia. Penderitaan rakyat Indonesia terjadi dalam banyak sekali sisi kehidupan. Di banyak sekali daerah, VOC melakukan langkah-langkah dengan melakukan politik devide et impera atau politik...
A. bebas aktif
B. luar negeri
C. bertengkar domba
D. dalam negeri


2. Peristiwa bangkitnya persatuan dan kesatuan bangsa yang menyulut semangat nasionalisme ialah arti...
A. kebangkitan nasional
B. kebangkitan bangsa
C. kebangkitan rakyat
D. kebangkitan TNI


3. Pergerakan nasional di Indonesia dimulai pada...
A. era ke-21
B. era ke 20
C. era ke 19
D. era ke-18


4. Pergerakan yang sebelumnya dilaksanakan secara fisik, mulai mengalami perkembangan dengan dilakukannya pergerakan nasional melalui...
A. diplomasi internasional
B. pendekatan politik, ekonomi dan pendidikan
C. pendekatan budaya
D. pendekatan terhadap ningrat Belanda


5. Budi Utomo ialah organisasi terbuat atas dasar wangsit dan ide yang diutarakan oleh...
A. Ir. Soekarno
B. Mr. Moh. Yamin
C. dr. Wahidin Sudirohusodo
D. Mr. Soepomo


6. Golongan penduduk yang memiliki kesadaran nasional dalam memperjuangkan kemerdekaan nasional dengan tidak melakukan perlawanan secara fisik adalah...
A. golongan bangsawan
B. golongan priyayi
C. golongan petani
D. golongan pelajar


7. Presiden Soekarno pada tanggal 20 Mei 1948 menetapkan hari kelahiran Budi Utomo sebagai...
A. Hari Pendidikan Nasional
B. Hari Santri Nasional
C. Hari Sumpah Pemuda
D. Hari Kebangkitan Nasional


8. Berikut ini yakni aspek dari luar yang mempengaruhi Kebangkitan Nasional
1) Adanya kesadaran antara bangsa Afrika dan Asia untuk memerdekakan diri
2) Terjadinya Revolusi Rusia
3) Meletusnya Perang Dunia II
4) Meletusnya Perang Dunia I
5) Kekalahan Jerman oleh Rusia
6) Kemenangan Jepang atas Rusia
7) Terjadinya pertempuran di banyak sekali negara
8) Kekalahan serdadu Belanda oleh Jepang di Maluku
Berdasarkan uraian di atas, hal yang tergolong ke dalam pengaruh luar terhadap hadirnya pergerakan nasional ditujukan oleh nomor...
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 5
C. 2, 4, dan 6
D. 2, 3, dan 8


9. Salah satu bukti kesuksesan dari pergerakan nasional adalah...
A. sukses melawan penjajah
B. sukses menyatukan seluruh bangsa Indonesia
C. sukses menghalau penjajah dari Indonesia
D. sukses mendirikan banyak sekali sekolah


10. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini.
1) Melancarkan isu pentingnya pertahanan sendiri dari serangan bangsa lain
2) Menyokong ide wajib militer pribumi
3) Mengirimkan komite Indie Weerbaar ke Belanda untuk pertahanan Hindia
4) Membubarkan Badan Konstituante
5) Melantik Presiden dan Wakil Presiden
Bentuk-bentuk tugas politik Budi Utomo ditunjukkan dengan nomor...
A. 1, 2 dan 3
B. 2, 3 dan 4
C. 1, 3 dan 5
D. 3, 4 dan 5


11. Berikut ini ialah arti pentingnya Kebangkitan Nasional dalam usaha meraih kemerdekaan...
A. memulai usaha bangsa Indonesia melawan penjajahan Belanda
B. merintis tumbuhkembangnya semangat nasionalisme, persatuan dan kesatuan bangsa
C. menghidupkan semangat untuk mendirikan organisasi-organisasi yang modern
D. menampilkan terhadap pemerintah kolonial bahwa bangsa Indonesia berani melawan


12. Konggres Pemuda II diadakan tanggal 26 – 28 Oktober 1928. Semua asosiasi perjaka dan mahasiswa serta partai politik dipanggil hadir untuk menampilkan pemberian bagi konferensi perjaka tersebut. Konggres Pemuda ke II digagas oleh...
A. Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia
B. perhimpunan Pelajar-Pelajar Islam
C. perhimpunan Pemuda Betawi
D. perhimpunan Pemuda Jawa


13. Nilai yang sanggup membuka kesadaran bahwa perbenturan kepentingan individu sanggup membuat keretakan yang justru merugikan mereka sendiri. Oleh alasannya yakni itu, dalam proses sampai perumusan Sumpah Pemuda, senantiasa berpijak pada landasan utama yaitu...
A. rasa seia sekata
B. nasionalisme dan toleransi
C. rasa tanggung jawab dan disiplin
D. rasa kebersamaan dan persaudaraan


14. Para perjaka pencetus Sumpah Pemuda apalagi dulu menanggalkan identitas-identitas primordial menyerupai etnis, suku, dan ras. Doktrin-doktrin yang menempel pada suatu kalangan yang merasa memilik perbedaan budaya, sejarah, maupun prinsip-prinsip hidup sendiri juga dicoba untuk dihargai dan dihormati alasannya yakni memiliki rasa, kecuali...
A. satu nusa
B. satu bangsa
C. satu cita-cita
D. satu bahasa


15. Perhatikan pernyataan berikut ini !
1) Lahir di Tuban, 22 februari 1905
2) Masuk dalam anggota Persatuan perjaka Indonesia
3) Beliau menjabat ketua konggres perjaka II
4) Tokoh ini mempersilahkan WR Supratman untuk memperdengarkan lagu Indonesia RAYA dengan biola
Pernyataan di atas menggambarkan tokoh dalam Sumpah pemuda, yaitu...
A. Muh Yamin
B. Muh Hatta
C. Sugondo Djojopuspito
D. Leimena


16. Pada dikala diadakan pertarungan badminton All England, Indonesia menjadi salah satu tim yang menjadi peserta.Tiap pemain menampilkan sikap loyalitas yang tinggi terhadap kekuatan timnya dengan mempertahankan kekompakan dan semangat yang tinggi. Sikap yang ditunjukkan para anggota tim badminton Indonesia tersebut adalah...
A. eratnya koordinasi antarbangsa
B. koordinasi antara pemain yang satu daerah
C. nasionalisme dan patriotisme
D. semangat mendapatkan kado utama


17. Perhatikan pernyataan berikut
1) Jong Ambon
2) Jong Bali
3) Jong Islamieten Bonds
4) Jong Sunda
5) Jong Celebes
6) Pesindo
Organisasi pergerakan yang dilaksanakan perjaka Indonesia ditunjukkan oleh nomor...
A. 1, 3 dan 5
B. 3, 4 dan 6
C. 2, 4 dan 5
D. 3, 4 dan 6


18. Rapat pertama Kongres Pemuda II pada 27 Oktober 1928 bertempat di...
A. Gedung Oost-Java Bioscoop
B. Gedung Indoneische Clubgebaouw
C. Gedung Paijs van Java
D. Gedung Katholieke Jongenlingen Bond


19. Arti penting Sumpah Pemuda bagi generasi muda adalah...
A. ialah nilai pertentangan yang diwariskan para pendiri negara sejak zaman kolonial
B. ialah isyarat bagi para perjaka untuk memakai diskusikan Inonesia yang bagus dan benar
C. ialah janji bagi generasi muda Indonesia untuk ikhlas mempertahankan NKRI
D. ialah titik ukur contoh sikap perjaka Indonesia yang berani dalam segala hal


20. Perhatikan uraian berikut.
1) Pemuda mesti berjuang demi pertumbuhan bangsa Indonesia
2) Pemuda mesti berjuang demi diri sendiri
3) Menjaga persatuan bangsa yang majemuk
4) Mengabaikan budaya Indonesia
5) Menjunjung tinggi nilai persatuan
6) Mengisi kemerdekaan dengan berleha-leha
Hal-hal yang mesti dilaksanakan oleh generasi muda dikala ini untuk memaknai Sumpah Pemuda ditunjukkan oleh nomor...
A. 1, 2 dan 4
B. 2, 4 dan 6
C. 1, 2 dan 5
D. 1, 3 dan 5


21. Di masa Pandemi Covid-19, semangat Sumpah Pemuda dalam menyayangi tanah air sanggup diimplementasikan oleh pelajar di lingkungan keluarga dengan cara...
A. membisu di rumah setiap hari, mudah-mudahan tidak terpapar Covid-19
B. membisu di kamar setiap hari, untuk mempertahankan jarak dengan anggota keluarga
C. memberi contoh pada keluarga untuk mematuhi protokol kesehatan
D. mematuhi perintah guru, untuk tidak keluyuran di luar rumah


22. Salah satu bentuk pengamalan nilai Sumpah Pemuda oleh seorang pelajar di lingkungan penduduk pada masa Pandemi Covid-19, yaitu...
A. aktif kumpul dalam konferensi organisasi perjaka Karangtaruna
B. memberi contoh sikap baik, memakai masker dikala keluar rumah
C. aktif menghimpun teman-teman untuk belajar bersama
D. memberi contoh sikap baik, senantiasa jajan di warung tetangga


23. Dampak dari pertumbuhan teknologi informatika dikala ini tidak sanggup kita hindari. Di antaranya, yakni maraknya pemberitahuan Hoax di media sosial. Sikap seorang pelajar yang merefleksikan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam menatap fenomena maraknya pemberitahuan Hoax ini, yaitu...
A. bimbang pada setiap pemberitahuan di media sosial, alasannya yakni tidak dapat dipertanggungjawabkan
B. melaporkan setiap akun media lazim yang mengembangkan pemberitahuan Hoax terhadap pihak berwajib
C. aktif mengampanyekan anti Hoax lewat semua akun media lazim yang dimilikinya
D. memperkaya pengetahuan diri dengan tekun berliterasi dari banyak sekali sumber literatur


24. Di sekolah ada Andi yang berasal dari Ambon, Yati dari Kalimantan, dan Sutopo dari Jawa Tengah. Agar tercipta kerukunan hidup, mereka mesti berkomunikasi dengan menggunakan...
A. bahasa daerah, di mana mereka bersekolah
B. saling bergantian memakai bahasa kawasan teman
C. bahasa Indonesia selaku bahasa persatuan
D. bahasa Jawa, alasannya yakni ibu kota negara terletak di Pulau Jawa


25. Negara terbuat menurut semangat kebangsaan yang diubahsuaikan dengan cinta tanah air ialah negara yang memiliki sifat...
A. negara keadilan
B. negara kebangsaan
C. negara persatuan
D. negara kesatuan


26. Rudy ialah seorang pelajar yang berasal dari Indonesia dan berkuliah di Jerman, beliau mahasiswa yang sungguh cerdas dalam teknik pengerjaan pesawat terbang. Dengan kemampuannya itu, pemerintah Jerman meminta Rudy untuk menjadi warga negaranya. Akan tetapi Rudy menolak dikarenakan ingin mengembangkan kemampuannya untuk mengembangkan industri pesawat melayang di Indonesia.
Sikap yang ditunjukkan Rudy tersebut, ialah cerminan dari semangat...
A. rela berkorban
B. nasionalisme
C. kerja keras
D. kerja sama


27. Para founding fathers negara Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan dan membentuk negara Indonesia tidak memedulikan letih maupun memperhitungkan ancaman serta materi yang dikeluarkan. Hal ini alasannya yakni usaha mereka didasari...
A. semangat idealisme dan konservatif
B. semangat etnosentris dan culturalisme
C. semangat nasionalisme dan patriotisme
D. semangat chauvinisme dan etnonasional


28. “Nasionalisme yakni kehendak untuk bersatu dan bernegara”. Pendapat tersebut dikemukakan oleh...
A. Suryadi Suyaningrat
B. Miriam Budiarjo
C. Sutomo
D. Ernest Renan


29. Masyarakat Indonesia menampilkan respons yang tegas terhadap negara Malaysia terhadap legalisasi atas Tari Reog Ponorogo yang dilaksanakan oleh mereka. Sikap dari penduduk Indonesia tersebut ialah nasionalisme dalam bentuk...
A. budaya
B. sosial
C. etnis
D. golongan


30. Kelas Maryani ditunjuk selaku kelas yang mau ditempati Herry, siswa pertukaran pelajar dari Amerika. Sejak kemunculan Herry, tak henti-hentinya Maryani merendahkan negara Amerika dan memuji-muji Indonesia di hadapan Herry. Sikap Maryani tersebut ialah cerminan dari...
A. nasionalisme
B. patriotisme
C. etnosentrisme
D. chauvinisme


31. Perhatikan pernyataan berikut.
1) Menunjukkan sikap rela berkorban
2) Menumbuhkan sikap saling menyayangi sesama manusia
3) Tidak semena-mena terhadap orang lain
4) Mengutamakan kepentingan pribadi
5) Berani membela kebenaran dan keadilan
Yang tergolong prinsip nasionalisme yang dilandasi nilai-nilai Pancasila ditunjukkan oleh nomor...
A. 1, 2, 3 dan 4
B. 2, 3, 4 dan 5
C. 1, 2, 3 dan 5
D. 1, 3, 4 dan 5


32. “Beri saya seribu orang tua, pasti akan kucabut semeru dari akarnya, beri saya sepuluh pemuda, pasti akan kuguncangkan dunia”. Kalimat tersebut ialah pernyataan dari Ir. Soekarno yang bermakna...
A. Perubahan yang dilaksanakan perjaka sanggup dilihat dari apa yang dicontohkan para orang tua
B. Kekuatan orang tualah yang sanggup mengembangkan suatu negara dari pada pergeseran yang sanggup dilaksanakan pemuda
C. Bukanlah jumlah sepuluh perjaka melainkan penggambaran betapa dahsyat apa yang dapat dilaksanakan perjaka dalam melakukan perubahan
D. Orang bau tanah membantu, membimbing, mengarahkan, para pemuda, sedangkan perjaka cuma sanggup menyaksikan tanpa melakukan apapun


33. Perhatikan pernyataan berikut.
1) Egoisme
2) Ekstremisme
3) Optimisme
4) Sukuisme
5) Fanatisme
6) Idealisme
Sikap yang mesti disingkirkan dalam membina persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat ditujukan dengan nomor...
A. 1, 2, 3 dan 4
B. 1, 2, 4 dan 5
C. 1, 3, 4 dan 5
D. 1, 3, 5 dan 6


34. Perhatikan pernyataan berikut.
1) Memberikan pelajaran tentang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan juga bela negara
2) Setiap anggota keluarga menampilkan teladan menaati Protokol Kesehatan demi terbebasnya bangsa Indonesia dari Pandemi Covid-19
3) Membiasakan hidup bersih, disiplin dan taat peraturan lewat pelaksanaan tata tertib sekolah
4) Membiasakan penanaman nilai demokratis lewat musyawarah keluarga
Sikap positif terhadap janji kebangsaan di lingkungan keluarga ditunjukkan oleh nomor...
A. 2 dan 4
B. 4 dan 5
C. 3 dan 4
D. 1 dan 3


35. Contoh praktek kewarganegaraan yang berhubungan dengan semangat kebangsaan di lingkungan sekolah...
A. turut serta mengampanyekan taat protokol kesehatan terhadap seluruh siswa lewat grup belajar sekolah di media sosial.
B. menolong guru membersihkan lingkungan tempat tinggalnya mudah-mudahan terhindar dari banyak sekali penyakit, utamanya Covid-19
C. menolong Satgas Covid-19 melakukan razia penggunaan masker pada penduduk di tempat-tempat umum.
D. aktif bergotong royong bareng tetangga dan pamong desa, membersihkan lingkungan tempat tinggal


36. Sebagai seorang pelajar, Andi memiliki kesempatan menjadi seorang Polisi. Alasannya yakni agar sanggup melindungi Indonesia dari segala bentuk ancaman yang mengusik keamanan dan ketentraman seluruh warga negara Indonesia. Pernyataan tersebut menampilkan makna dari Indonesia selaku satu kesatuan...
A. politik
B. ekonomi
C. pertahanan dan keamanan
D. sosial budaya


37. Salah satu contoh semangat dan janji kebangsaan kita adalah...
A. membiarkan para petinggi negara berjuang sendiri
B. terus berjuang dan pantang mengalah untuk membela tanah air
C. melakukan demonstrasi mudah-mudahan para petinggi mengikuti kemauan kita
D. menyerahkan segala kendala keamanan lingkungan terhadap Polri


38. Sosok seseorang yang tenar dan disegani alasannya yakni pengaruhnya sungguh besar dalam masyarakat, disebut...
A. kuwu
B. lurah
C. kliwon
D. tokoh


39. Perhatikan pernyataan berikut.
1) Penghargaan terhadap harkat dan martabat insan selaku makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
2) Tekad bareng untuk berkehidupan kebangsaan yang bebas, merdeka dan bersatu
3) Cinta tanah air dan bangsa
4) Anarkisme antar umat beragama
5) Keindividualistikan sosial
6) Masyarakat yang saling curiga satu sama lain
Pernyataan yang tergolong dalam nilai-nilai pengetahuan kebangsaan ditunjukkan dengan nomor...
A. 1, 2 dan 3
B. 2, 3 dan 4
C. 1, 4 dan 5
D. 2, 4 dan 6


40. Sikap penduduk Indonesia dalam memperingati Hari Kemerdekaan dari waktu ke waktu ialah contoh bentuk sikap semangat kebangsaan melalui...
A. ketokohan
B. kepemimpinan
C. pewarisan
D. keteladanan.


II. Jawablah Pertanyaan-Pertanyaan Berikut ini Dengan Benar!

41. Sebutkan tiga nama tokoh nasional pendiri Budi Utomo !
Jawab : Tiga Tokoh Nasional pendiri Budi Utomo:
  • dr. Wahidin Sudirohusodo
  • Dr. Sutomo
  • Dr. Cipto Mangunkusumo


42. Sebutkan isi Sumpah Pemuda yang ialah hasil dari Kongres Pemuda II !
Jawab : Isi Sumpah Pemuda, yaitu:
  • Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.
  • Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
  • Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.


43. Sebutkan lima aspek yang memperkuat persatuan dan kesatuan menurut Mohammad Yamin!
Jawab : Menurut Yamin, ada lima aspek yang sanggup menunjang persatuan perjaka Indonesia, yakni ada lima aspek yang dapat memperkuat persatuan Indonesia, yaitu:
  • Sejarah,
  • Bahasa,
  • Hukum adat,
  • Pendidikan, dan
  • Kemauan.


44. Ada lima janji kebangsaan, ialah ruh yang menjiwai seluruh bangsa Indonesia dalam membangun dan berperilaku laris serta ialah suatu pondasi yang mesti tetap dijaga untuk memperkuat NKRI. Coba identifikasi, apa saja lima janji kebangsaan tersebut ?
Jawab : Lima Komitmen Kebangsaan:
  • Pancasila, selaku dasar falsafah dan kepribadian bangsa
  • UUD 1945, selaku sumber aturan dan moralitas bangsa
  • Bhineka Tunggal Ika selaku lambang persatuan bangsa
  • NKRI, selaku lambang kedaulatan bangsa


45. Wawasan kebangsaan ialah cara pandang yang dilandasi akan kesadaran diri selaku warga suatu negara akan diri dan lingkungannya di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Coba uraikan lima makna pengetahuan kebangsaan bagi bangsa Indonesia ?
Jawab : Lima makna kebangsaan bagi Bangsa Indonesia :
  • Wawasan kebangsaan mengamanatkan terhadap seluruh bangsa mudah-mudahan menempatkan persatuan, serta kepentingan dan keamanan bangsa dan Negara diatas kepentingan langsung atau golongan.
  • Wawasan kebangsaan mengembangkan persatuan Indonesia sedemikian rupa sehingga asas Bhineka Tunggal Ika dipertahankan.
  • Wawasan kebangsaan tidak memberi tempat pada patriotism yang licik.
  • Dengan pengetahuan kebangsaan yang dilandasi oleh persepsi hidup Pancasila, bangsa Indonesia sudah sukses merintis jalan menjalani, umpamanya ditengah-tengah tata kehidupan di dunia.
  • NKRI yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan sejahtera bertekad untuk merealisasikan bangsa yang maju dan sanggup berdiri diatas kaki sendiri serta sejahtera lahir dan batin, sejajar dengan bangsa lain yang sudah maju.


Bagi yang membutuhkan file soal diatas, silahkan unduh pada tautan berikut :


Demikian pemberitahuan tentang Soal & Jawaban PAT/UKK 2022 PPKn Kelas 8 SMP/MTs yang dapat bagikan, mudah-mudahan ada faedah didalamnya dan terima kasih.

Sumber https://www.sinau-thewe.com/